Business Plan dari aspek manajemen produksi

I. Bagian Pendahuluan

  • · Nama Perusahaan dan bidang usaha
  • · Menyajikan Visi, Misi dan Tujuan (current/pendek &

menengah, dan Panjang) Perusahaan *

  • · Struktur organisasi perusahaan (Jajaran direksi dan SDM

kunci)

II. Bagian Isi/Batang Tubuh

A. Aspek Manajemen Produksi

  • · Skema “value Chain”:

Vendor—-R&D—-Produksi/Operasi—-Marketing/Distribusi

  • · Metode Proses produksi: Kontinues atau Terputus-putus.
  • · Teknologi proses produksi yang dipilih
    • · Jumlah Tenaga kerja yang dibutuhkan
    • · Legalitas : akte, Perizinan, sertifikat, jaminan.
      • · Insfrastruktur/Fasilitas/Sarana & prasarana.
      • · Lokasi usaha

B. Aspek Pasar *

  • · Peluang pasar/target market
  • · Analisis pasar
  • · Proyeksi kapasitas produksi
  • · Proyeksi Permintaan

C. Aspek Keuangan *

  • · Rencana usaha/Proyek investasi

Hitung: Payback periods usaha, Net Present Value, Internal

Rate of Return, Titik impas (Break event point).

  • · Proyeksi Keuangan:
  • · Anggaran arus kas (cash flow)

– Kegiatan operasi:

Anggaran modal kerja, anggaran Harga pokok produksi

Anggaran Penjualan, Perkiraan laporan rugi laba

– Kegiatan Investasi:

Anggaran modal untuk pengadaan Kantor/Bangunan/Pabrik/bengkel produksi/Peralatan-Perlengkapan, Tenaga ahli.

  • · Kegiatan Pendanaan:

Anggaran sumber dana Modal disetor dari para pemilik/Pendiri, Modal pinjaman (Investor & Kreditur)

* = Data diolah, didukung asumsi dari Bagian III.B

Bagian Penutup

LAMPIRAN

A. CV dari jajaran direksi or SDM kunci

B. Lampiran Data pendukung (asumsi terhadap proyeksi-proyeksi)

  • · Survei atau uji pasar
    • · Analisis trend (based on data di BPS)
    • · Hasil analisis para pakar/pengamat
      • · Analisis Korelasi & Regresi yang relevan.

CATATAN ISI PROPOSAL

  • · Cetak tebal adalah wajib untuk proposal awal.
  • · Peserta IBC, harus merupakan calon badan usaha yang didalamnya minimal ada satu anggota yang merupakan mahasiswa atau almuni dari Universitas Gunadarma (dari segala jenjang D3-S3 serta segala program setudi)
  • · Calon investor/kreditur, pemerintah dan pihak yang berkepentingan, dalam hal ini institusi Univ. Gunadarma & Deperindag dapat mengambil keputusan mengenai Layak / tidak layak atau prospek / kurang prospek terhadap usaha yang akan dilaksanakan berdasarkan BP yang diajukan.
  • · Baik secara makro maupun mikro, usaha tsb berpengaruh terhadap kontribusi bagi peningkatan pendapatan nasional, pemerataan pendapatan, membuka peluang kerja, perkembangan lokasi/kota sekitarnya.
  • · Perusahaan harus bergerak di bidang Information Comunication Technology (ICT), lebih diutamakan dibidang perangkat lunak dalam aplikasi seluas- luasnya, seperti office automation, control system, telekomunikasi, kedokteran, pertambangan, GIS.
  • · Peserta yang terpilih bersedia menanadatangani untuk ketertiban mengikuti pelatihan, kegiatan terkait (seperti pameran, seminar) dan menjalankan usaha yang diusulkan.
  • · Payback Periode = adalah waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan pemasukan setelah pajak terhadap investasi dan biaya operasional total.
  • · Net Present Value = menghitung nilai proyeksi terhadap nilai uang sekarang.
  • · Break event point = adalah kejadian dimana biaya adalah sama dengan penerimaan.
  • · Internal Rate on Return = adalah kemampuan pertumbuhan dalam persen untuk pengembalian modal.

TAMPLATE DARI OUTLINE

Proposal Usaha

Rencana nama perusahaan : PT …………………………

Calon Pendiri :

1. ………………………………………….

2. ………………………………………….

3. ………………………………………….

4. ………………………………………….

5. ………………………………………….

6. ………………………………………….

7. ………………………………………….

8. ………………………………………….

9. ………………………………………….

10. ……………………………………..

1. Bagian Pendahuluan

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

2. Bagian Isi/Batang Tubuh

A. Aspek Manajemen, Ekonomi & Lingkungan Sosial

  • · Skema “value Chain”:

Vendor—-R&D—-Produksi/Operasi—-Marketing/Distribusi

(menjelaskan bagaimana proses produksi/pemberian servise, sampai tahap marketing dan operasi)

…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..

  • · Teknologi proses produksi/jasa yang dipilih

…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..

  • · Jumlah Tenaga kerja yang dibutuhkan

…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..

  • · Insfrastruktur/Fasilitas/Sarana & prasarana.

…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..

B. Aspek Pasar

  • · Peluang pasar/target market

…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..

C. Aspek Keuangan *

  • · Rencana usaha/Proyek investasi

Hitung: Payback periods usaha, Net Present Value, Internal Rate of Return, Titik impas (Break event point).

Total Investasi Awal =

Perkiraan biaya operasional tahun ke-1 =

Perkiraan biaya operasional tahun ke-2 =

Perkiraan biaya operasional tahun ke-3 =

Perkiraan biaya operasional tahun ke-4 =

Perkiraan pemasukan tahun ke-1 =

Perkiraan pemasukan tahun ke-2 =

Perkiraan pemasukan tahun ke-3 =

Perkiraan pemasukan tahun ke-4 =

Payback Peridods = …..tahun

Net Present Value = …..

Internal Rate of Return = ……%

Break event point

  • · Kegiatan Pendanaan:

Anggaran sumber dana Modal disetor dari para pemilik/Pendiri, Modal pinjaman (Investor & Kreditur)

Dari pemilik / pendiri =

Dari Bank =

Dari pihak lain =

* = Data diolah, didukung asumsi dari Bagian III.B

3. Bagian Penutup

LAMPIRAN

  1. CV dari Direksi dan pendukung
  2. Data pendukung usaha lainnya seperti, marker research, iklim usaha, dll

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s